Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Minggu, 14 Juli 2013

Perbedaan KB dengan Kb dan MB dengan Mb


Zaman sekarang adalah zamannya internet. Internet menjadi suatu kebutuhan yang menjadi penting bagi masyarakat. Dalam dunia internet kita pasti sering menjumpai tulisan KB, Kb, MB, atau Mb. Jika kita menggunakan paket internet maka kita akan mengetahui berapa kecepatan dari paket internet itu sendiri baik itu dari iklan atau yang lainnya. Namun sering kali kita mengatakan “kok yang ada di iklannya gak sama ya kecepatan internetnya sama yang aku dapat”. Terus kita mulai kecewa, marah dan galau. Padahal udah bermodal lumayan banyak buat internetan. Hahaha makanya sabar dan lihat dulu penjelasannya berikut ini.

KB dan Kb atau MB dan Mb. Satuan hitung itu jika dilihat memang terkesan sama. Namun, jika anda menganggapnya sama maka anda salah. Dalam satuan hitung kecepatan data ada istilah Byte dan bit. Apakah keduanya sama ?, tentu tidak. Kali ini saya akan menjelaskan perbedaan di antara keduanya.

Bagi orang awam, termasuk saya dulu. Kita sering salah mengartikan kecepatan internet yang kita dapatkan dari provider-provider yang ada. Misalnya saja ada yang mengeluh saat menggunakan paket internet yang mereka gunakan, dikatakan bahwa kecepatannya Up to 128 Kbps. Lalu saat mereka gunakan untuk download atau browsing, mereka mengeluh kenapa internetnya lelet ya. Apakah provider itu salah mencantumkan kecepatan internetnya di dalam brosurnya?. Untuk lebih jelasnya mari simak rincian satuan kecepatan berikut ini :

Byte ditulis dengan simbol atau huruf KB = KiloByte, sedangkan


Bit ditulis dengan simbol atau huruf Kb = Kilobit

1 Byte = 1 huruf
1 KiloByte (KB) = 1024 Byte
1 MegaByte (MB) = 1024 KiloByte (KB)
1 GigaByte(Gb) = 1024 MegaByte(MB)

Untuk Kecepatan Transfer
1Byte = 8 Bit

Jadi apa bila anda melihat kecepatan internet yang Up to  128 Kbps berarti:
128 /8 = 16
Jadi perdetiknya kurang lebih bisa transfer  16 KBps.
Jadi jika dikatakan kecepatan internetnya Up to 128 Kbps, bukan berarti saat anda download maka kecepatannya 128 KBps. Tetapi kecepatan maksimalnya adalah 16 KBps. Pikirkan aja 16 KB perdetik, itu jelas lelet menurut saya gak tau kalau menurut anda hahaha. Orang punya kriteria arti cepat masing-masing.

Contoh lainnya, jika tertulis kecepatan internet Up to 3 Mbps berarti:
Ingat 1 MB = 1024 KB
3 * 1024 = 3072
3072 / 8 = 384
Jadi perdetiknya kurang lebih bisa transfer 384 KBps. Nah kalau ini baru bisa dikatakan cepat, bahkan ini udah joss banget buat browsing maupun download, nonton youtube pun tanpa buffering. Hati pun menjadi tentram hahaha.

Penting untuk dipahami :

  • Dalam ukuran waktu memang menggunakan satuan bit, karena untuk menghasilkan 1 Byte diperlukan 8 bit.
  • Dan dalam satuan kapasitas/banyaknya data menggunakan satuan Byte, Ini dapat kita jumpai saat mendownload. Seperti menggunakan Download Manager atau dengan browser bawaan.
  • Serta yang paling penting perhatikan antara huruf “B” besar dan “b” kecil. KB berbeda dengan Kb dan MB berbeda dengan Mb.


Jadi kesimpulannya banyak dari kita yang sering tidak mengerti perbedaan antara Byte dan bit. Ya bagi kita apa yang dikatakan di iklan promo bahwa kecepatannya sekian maka kita berpikiran segitulah kecepatan download atau browsing yang akan kita dapatkan. Oleh karena itu jadilah pelanggan yang cerdas. Terima kasih sudah membaca. Mohon maaf jika ada keesalahan, mungkin bisa ditambahkan.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

1 komentar:

  1. pusing juga mikirin congak nya ya huhu

    BalasHapus